Sabtu, 04 April 2015

Pentingnya "Ngulik" bagi seorang Drummer !

malammmmmm....
kali ini hendri akan memberikan tips dan trik bagi seorang drummer untuk mengulik sebuah lagu yang akan dia mainkann....



pada artikel ini masalah dibatasi hanya pada lingkup drummer saja... ^^

sebelumnya... kita perlu tau apa definisi dari ngulik !

"ngulik adalah suatu proses dimana kita mempelajari detail permainan sebuah instrumen ( dalam kasus ini adalah permainan drum ) dari sebuah lagu atau musik" ~ Hendri Wijaya

berdasarkan definisi di atas.... kita sebagai drummer yang merupakan bagian dari sebuah band, pasti pernah melakukan proses "Ngulik". istilah  "Ngulik" sendiri sih sudah biasa di kalangan anak anak band. terutama anak band yang suka ngover lagunya orang.

kenapa sih kita perlu ngulik ?

  1. dengan ngulik kita bisa mengetahui detail permainan dari lagu yang akan kita cover. setidaknya jangan membuat artis yang kita cover merasa sedih mendengarkan coveran kita. kalo perlu kita ngover yang lebih keren dari pada artisnya. huwakakakakakakak XD
  2. dengan ngulik kita bisa menambah kepekaan telinga kita pada ketukan drum yang ada di sebuah lagu. dengan semakin pekanya telinga kita, maka lama kelamaan kita akan menjadi profesional dalam hal ngulik. jadi gak perlu waktu lama. hanya sepintas denger pun udah bisa.
  3. dengan ngulik kita juga bisa mempelajari berbagai macam genre dan jenis jenis ketukan musik.
nahhh... itu adalah 3 alasan mengapa kita perlu ngulik.. itu manfaat yang pribadi gue rasakan selama ini bergabung dan ber project dengan berbagai macam band.

naahhhhh... udah tau definisi.. manfaat seta paham kenapa kita harus mengulik dengan benar.... maka kita perlu tahu langkah - langkahnya....

berikut akan gue jelasin bagaimana cara gue ngulik ! ada 3 tipe cara gue ngulik. tipe ini bisa kalian terapkan sesuai dengan apa yang kalian mampu dan kalian sesuai untuk diterapkan.

  • NGULIK TIPE 1
  ngulik tipe satu ini merupakan cara yang umum dilakukan oleh kebanyakan orang. dan sudah dibuktikan keberhasilannya dalam mengulik sebuah lagu. langkah - langkahnya adalah :
1.     cari lagu yang akan di pakai untuk ngulik #plak
2.     pahami genre dan cirikhas dari lagu yang akan kalian ulik. setiap lagu dari sebuah artis pasti mempunyai cirikhas misalnya "ketukan ganjil" , "memakai banyak linear fill", "menggunakan double pedal full" atau sebagainya. nah, dengan memahami ciri khas dan genre dari lagu yang akan kita mainkan, maka kita dapat membaca pattern nya. karena setiap ganre akan hampir mempunyai pattern yang sama, begitu pula dengan artisnya. setiap artis akan mempunyai ciri khas dan akan cenderung mempunyai pattern yang sama dalam karya karya nya.

3.     jadiin lagu yang kalian "ulik" itu setlist di hape kalian atau media player yang biasa kalian pakai. lalu, setiap hari, minimal 1 hari sekali kalian dengerin. namun, cara ini bisa kalian sesuaikan sendiri. jika ada waktu dengerin lebih dari sekali. ini berguna untuk mendapatkan gambaran besar dari sebuah lagu ( urutannya dan part - partnya ).

4.  pecah lagu tersebut dalam beberapa part. nah, di sinilah mulai terjadi proses mengulik ! dengan memecah lagu berdasarkan partnya ( first, reff, bridge, chorus, dan lain - lain ). nah, dengan melakukan hal tersebut akan lebih mempermudah kita dalam melakukan proses ngulik dengan baik. terkadang. dalam ketukan permainan drum sebuah lagu bagian "reff 1" akan cenderung sama dengan bagian "reff 2". sehingga pada kondisi seperti ini, ngulik akan lebih bisa terpusat pada bagian "LEAD" saja. Lead yang dimaksudkan adalah part ketika gitar melody bermain, karena terkadang ada perubahan ketukan atau singkup - singkup yang aneh. 

Namun ada kondisi juga dimana ketukan dari sebuah lagu akan selalu berubah – ubah atau durasi lagu yang lama dan ketukan berubah – ubah, ini terjadi pada lagu yang bersifat progressive. Sedikit susah, namun perlahan pasti akan bisa dilakukan.

Kondisi sebuah lagu sangatlah bermacam – macam. Tidak bisa dijelaskan satu persatu. Karena setiap genre mempunai ciri khas yang berbeda dan setiap artis mempunyai tingkat kreativitas yang berbeda.

5.     Setelah kamu ulik tiap part nya, lakukan simulasi ! simulasi bisa kalian lakukan hanya dengan bermodalkan stick drum. Kalian bisa mencobanya pada bantal, tembok, meja atau kursi. Atau jika kalian punya budget yang berlebih maka belilah drum pad. Atau yang punya drum set di rumahnya bisa langsung kalian coba menggunakan headset dan mencoba memainkan tiap part nya.
Dengan berbedanya kondisi ekonomi untuk setiap drummer, silahkan dipilih cara simulasi yang kalian paling anggap efektif untuk melakukan simulasi ketukan – ketukan. Untuk kalangan yang udah pro, step ini bisa dilewatin.

6.     Lakukan langkah 2 hingga langkah 6 secara berulang hingga kamu paham dan mengerti isi lagu tersebut. ini bergantung kepada kemampuan otak setiap manusia ( sadis amat T_T ). maksudnya, kemampuan berpikir dan daya tangkap setiap orang pasti berbeda - beda. Maka waktu ngulik yang dibutuhkan akan berbeda – beda.
=====================================================================
  • NGULIK TIPE 2
ngulik tipe 2 ini dilakukan untuk orang yang benar - benar kepepet dalam masalah waktu dan tidak sempat mengulik namun jadwal latihan udah deket. langkah - langkahnya adalah :

1.     Pilihlah lagu yang akan kalian ulik.
2.     Dengerin lagu nya dengan teliti, atau sekilas juga boleh sih. hehehehe
3.     Print out lirik lagu nya !
4.      Dari hasil mendengarkan lagu pada step 2, tuliskan ketukan dan tempo nya serta singkup – singkupnya pada lagu. Lakukan seperti gambar di bawah ini :



5.     Setelah kalian lakukan. Maka proses ngulik selesai. Ngulik dengan cara seperti ini adalah sama dengan membawa “contekan”. Namun, kamu ga mau kan mempermalukan dirimu sebagai drummer yang membawa contekan ???? maka dari itu, hafalkanlah contekan tersebut ! contekan ini hanyalah alternatif jika terdesak masalah waktu. Namun “ngulik tipe 1”  tetaplah yang terbaik !

=====================================================================

  • NGULIK TIPE 3
dengerin aja lagu favorit mu.... pasti ntar nguliknya juga cepet huwakakakakakakakaka #plak

     =====================================================================

nahhhh.. di atas adalah 3 cara ngulik yang aku buat berdasarkan pengalaman selama ini menjadi drummer di beberapa band... buat gue, ngulik diperlukan pada saat sebelum latihan, pelayanan dan untuk level up skill pribadi. semoga tips dan trik ini bisa membantu kalian dalam melakukan proses "ngulik" sampai jumpa di kesempatan yang akan datang !! ^^

~arigatou gozaimasu~

Categories: , ,

0 komentar:

Copyright © Metaphysical Paradox

Distributed By My Blogger Themes | Blogger Theme By NewBloggerThemes Up ↑